Komunikasi Pemberdayaan CV. Graha Pratama Fish Melalui Peningkatan Target “One House, One Entrepreneur” di Desa Wisata Kampung Patin
DOI:
https://doi.org/10.36914/xh76f551Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemberdayaan yang dilakukan oleh CV. Graha Pratama Fish melalui peningkatan target “One House, One Entrepreneur” di Desa Wisata Kampung Patin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis data Miles dan Huberman serta wawancara mendalam sebagai metode pengumpulan data. Wawancara yang dipilih adalah wawancara yang direncanakan namun bersifat tidak terstruktur. Proses interview dilakukan berdasarkan sejumlah pertanyaan yang telah ditetapkan dan tidak terikat pada format yang sudah ada. Pengumpulan data dilakukan dengan melibatkan beberapa wirausahawan perikanan Desa Wisata Kampung Patin sebagai narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemberdayaan yang diterapkan oleh CV. Graha Pratama Fish melalui program "One House, One Entrepreneur" di Desa Wisata Kampung Patin berhasil mencapai tujuan untuk meningkatkan kewirausahaan dan kualitas hidup masyarakat menggunakan analisis strategi komunikasi Cangara. Dalam perencanaan, program ini melibatkan edukasi tentang budidaya ikan dan kewirausahaan, dengan pesan yang menginspirasi masyarakat untuk berkolaborasi dan berinovasi. Pelaksanaan dilakukan dengan pendanaan dan pendidikan dilakukan untuk mendukung usaha perikanan dan pengembangan ekowisata. Evaluasi menunjukkan dampak positif dalam peningkatan kualitas hidup, pendidikan, ekonomi, dan infrastruktur, serta keberhasilan program dalam menciptakan peluang ekonomi baru dan mendukung keberlanjutan sosial-ekonomi desa.