Analisa Media Sosial Instagram dan Komunikasi Pemasaran Creative Marketing Strategist @garistemu.co
DOI:
https://doi.org/10.36914/2xhk5h98Abstrak
Garis Temu yang merupakan agensi media sosial dan creative marketing strategist juga melakukan komunikasi pemasaran digital bagi agensinya sendiri untuk dapat berlayar di tengah masyarakat sehingga jasanya dapat dipakai oleh para pebisnis. Melakukan komunikasi pemasaran bagi bisnisnya sendiri, Garis Temu telah sukses meningkatkan kredibilitasnya sehingga kini telah memiliki pengikut organik sebanyak 59.600 orang, serta secara rutin berbagi insight tentang pemasaran di media sosialnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis serta menjelaskan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh para ahli pemasaran kreatif di platform media sosial, dan juga untuk menyelidiki serta menjelaskan pola interaksi media sosial yang dimiliki oleh para ahli pemasaran kreatif. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode social network analysis, dengan dukungan dari perangkat lunak analisa.io. Subjek penelitian ini adalah akun media sosial @garistemu.co di platform Instagram, sementara objek penelitian ini adalah komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh para ahli pemasaran kreatif di platform media sosial Instagram. Hasil penelitian menemukan bahwa engagement media sosial Garis Temu mencapai 1,01% atau kategori sedang. Secara umum, prinsip komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Garis Temu antara lain: (1) membentuk komunitas kreatif generasi muda, (2) komunikasi pemasaran digital yang beresonansi dengan cara memanusiakan merek, dan (3) komunikasi pemasaran digital yang kreatif perlu mengikuti tren terkini.