Personal Branding Vina Muliana sebagai Content Creator Edukasi di TikTok

Penulis

  • Aurila Frida Hayu Fakultas Ilmu Komunikasi, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Author
  • Elke Alexandrina Fakultas Ilmu Komunikasi, Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Author

DOI:

https://doi.org/10.36914/8rmaam94

Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai personal branding Vina Muliana yang merupakan content creator edukasi di TikTok yang mengedukasi mengenai tips karir untuk pencari kerja. Sebagai content creator edukasi, Vina Muliana meraih penghargaan TikTok Awards Indonesia 2021 dan berhasil memiliki pengikut yang banyak. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis unsur-unsur personal branding yang dibentuk oleh Vina Muliana. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan memiliki fokus penelitian pada The Eight Laws of Personal Branding yang dikemukakan oleh Peter Montoya. Data primer didapatkan melalui wawancara secara daring dengan narasumber internal, eksternal, dan ahli, serta data sekunder diperoleh melalui studi pustaka, dan artikel di internet. Penelitian ini mengungkapkan bahwa Vina Muliana membentuk personal branding dengan pembawaan konten yang ceria, lugas, dan menjelaskan topik secara to the point, selain itu Vina Muliana memenuhi 8 unsur personal branding, adapun elemen yang paling berhasil ditunjukkan adalah kepemimpinan, spesialisasi, dan nama baik. Saran untuk Vina Muliana adalah tunjukkan kepribadian yang santai agar lebih dekat dengan audiens, membagikan tips karir tidak hanya di industri pemerintahan tetapi di seluruh industri, dan perbanyak tips karir untuk karyawan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-15

Terbitan

Bagian

Articles