Peranan Protokoler dan Komunikasi Pimpinan dalam Meningkatkan Citra
DOI:
https://doi.org/10.36914/jwngn787Kata Kunci:
Public Relations, Protokoler, Citra, Pemerintah DaerahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peranan Protokoler dan Komunikasi Pimpinan dalam meningkatkan citra Pemerintah Kabupaten Buton Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berfokus pada kegiatan Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan dalam membentuk citra masyarakat terhadap Pemerintah. Sumber data diambil dari Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan sebagai Key Informan, dan informan lain yang terdiri dari pegawai Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, dan beberapa undangan yang mengikuti kegiatan protokoler. Dalam penelitian ini, observasi partisipan adalah metode pengumpulan data (pengamat berpartisipasi), wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, citra pemerintah terbentuk melalui keberhasilan protokoler dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan, memberikan pelayanan prima kepada khalayak, dan penguasaan pengetahuan aparatur Protokoler tentang aturan-aturan baku dari kegiatan keprotokolan, kode etik keprotokoleran dan kode etik Humas Pemerintah serta pihak internal dan peserta dalam suatu kegiatan yang bekerja sama. Selain itu, adanya hubungan kerjasama dengan pihak internal maupun eksternal, terutama media local dapat menumbuhkan rasa percaya masyarakat terhadap pemerintah. Dengan demikian akan mempengaruhi pembentukan citra pemerintah terhadap masyarakat menjadi citra positif.