PENGARUH TERPAAN IKLAN TOKOPEDIA X BTS “WAKTU INDONESIA BELANJA” DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

Penulis

  • Andryna Zahra Faraditha Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Author
  • Yakin Bakhtiar Siregar Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Author

Kata Kunci:

advertising exposure, buying intention

Abstrak

Perkembangan teknologi internet saat ini berkembang sangat pesat yang membuat hampir semua aktivitas dilakukan menggunakan internet.  Salah satu perubahan yang signifikan terjadi pada aktivitas pemasaran  yang ditandai dengan kegiatan berbelanja secara digital. Tokopedia merupakan marketplace di Indonesia yang perkembangannya terhitung cepat, menjadikannya sebagai marketplace pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia.  Munculnya aktivitas berbelanja melalui jaringan atau disebut online Shop  menimbulkan budaya konsumtif.  Perubahan aktivitas belanja masyarakat dari belanja konvensional ke belanja online berdampak pada perubahan perilaku belanja hampir semua generasi.  Penjual memanfaatkan berbagai jenis media sosial untuk mengiklankan produknya sehingga calon pembeli mendapatkan berbagai macam pilihan sebelum melakukan pembelian.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan Tokopedia X BTS Waktu Indonesia Belanja di youtube terhadap minat beli khalayak di aplikasi Tokopedia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner. Teknik menentukan sampel menggunakan purposive sampling dengan 100 responden di wilayah Jakarta dan Bekasi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa iklan berpengaruh positif signifikan terhadap minat.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-15

Terbitan

Bagian

Articles