Pelatihan Pembelajaran Sejarah Islam Menggunakan Augmented Reality

Penulis

  • Reimond Hasangapan Mikkael Program Studi Manajemen, Universitas Bina Insani Author
  • Etyca Rizky Yanti Program Studi Manajemen, Universitas Bina Insani Author
  • Hanif Aulawi Program Studi Manajemen, Universitas Bina Insani Author
  • Putri Nur Anggraeny Program Studi Manajemen, Universitas Bina Insani Author
  • Dian Kurniawan Program Studi Manajemen, Universitas Bina Insani Author

DOI:

https://doi.org/10.36914/ddf0eg39

Kata Kunci:

augmented reality, pembelajaran, pelatihan.

Abstrak

Augmented reality (AR) adalah teknologi yang memungkinkan Anda untuk menggabungkan objek virtual 2D atau 3D ke dalam  lingkungan  nyata dan melihat atau memproyeksikannya secara real time. Pengguna dapat menggunakan aplikasi AR untuk mendapatkan informasi yang lebih detail. Guru dan siswa membutuhkan perangkat berupa media pembelajaran yang dapat berjejaring, menginformasikan, dan menyalurkan pesan guna merancang proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Proses komunikasi antara pendidik dan peserta didik  berkat hadirnya media pembelajaran. Kegiatan implementasi ditujukan kepada insan Pondok Pesantren Tahfizh Al Kaukab dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan Pondok Pesantren Tahfizh Al Kaukab. Kegiatan pengabdian dilakukan selama delapan minggu, mulai dari minggu pertama  Juni 2021 sampai dengan minggu terakhir bulan Agustus. Dengan melakukan kegiatan pemberdayaan, aplikasi AR dapat digunakan untuk mendukung kegiatan pendidikan dan pembelajaran untuk memecahkan masalah mitra belajar sejarah Islam. Proses pendidikan dan pembelajaran di Pesantren Tahfizh Al Kaukab.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-31

Terbitan

Bagian

Articles