Pelatihan Penggunaan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Vokal Berbasis Multimedia untuk Guru di TK Tarsisius 2
DOI:
https://doi.org/10.36914/vssewt06Kata Kunci:
media, pembelajaran, pelatihan, aplikasiAbstrak
Pendidikan di tingkat Taman Kanak-kanak saat ini sudah mulai banyak memberikan materi pembelajaran membaca. Salah satu dasar materi pelajaran membaca adalah pengenalan huruf vokal, namun masih jarang TK yang memiliki materi pembelajaran pengenalan huruf vokal berbasis multimedia. Anak-anak TK sangat menyukai game berbasis multimedia, karena memang mereka dilahirkan dan tumbuh di era digital. Berdasarkan hasil observasi dan interview di TK diketahui bahwa para guru membutuhkan sebuah aplikasi media pembelajaran pengenalan huruf vokal sebagai alat bantu dalam memberikan materi pelajaran membaca, untuk itulah tim pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat mencoba untuk membuat aplikasi media pembelajaran pengenalan huruf vokal dan memberikan pelatihan tersebut pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di TK Tarsisius 2. Pelatihan penggunaan media pembelajaran pengenalan huruf vokal ini diberikan langsung dengan mempraktekkan aplikasi media pembelajaran di laptop para guru, hasil pelatihan ini adalah peningkatan kompetensi para guru TK dan ketrampilan baru khususnya dalam penggunaan aplikasi pengenalan huruf Vokal dalam kegiatan pembelajaran yang diberikan.