Exploring AI Chatbot Development for Gen-Z: A Study on First-Time and Experienced Voters in Pemilu
DOI:
https://doi.org/10.36914/1q9cb862Abstrak
Artificial intelligence (AI) chatbots telah digunakan sebagai platform pembelajaran interaktif pada level pendidikan tinggi. Gen-Z adalah generasi yang cepat mengadopsi teknologi. Beberapa siswa dari kalangan Gen-Z akan berpartisipasi dalam Pemilu untuk pertama kali pada tahun 2024. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan AI chatbot yang dapat memberikan informasi kepada Gen-Z tentang Pemilu. Peneliti mengembangkan AI chatbot melalui beberapa langkah: data collecting, training, evaluating, refining dan analyzing data percakapan. Sebanyak 100 orang mahasiswa Gen-Z berpartisipasi dalam proses testing chatbot. Peneliti menyimpulkan bahwa sangatlah penting untuk tetap melakukan proses refining dengan cara memperbaiki datasets dan menaruh lebih banyak konteks ke dalamnya. Peneliti juga menemukan bahwa experienced voters melontarkan pertanyaan lebih banyak daripada first-time voters. Kemudian, experienced voters juga menanyakan topik yang lebih advanced karena mereka sudah mempunyai pengalaman mengikuti Pemilu, sedangkan first-time voters hanya menanyakan pertanyaan dasar tentang Pemilu. Selain itu, AI chatbots adalah platform yang cocok untuk Gen-Z karena mereka cenderung menggunakan stratgegi metacognitive untuk terus bereksperimen dengan pertanyaan - pertanyaan agar mendapatkan jawaban yang tepat dari chatbot. Hal ini secara otomatis juga akan meningkatkan performa dari chatbot sebagai bagian dari proses training AI chatbot.