TikTok and B2B Branding: A Creative Approach to Video Marketing Insights from a Digital Agency Study
DOI:
https://doi.org/10.36914/4gx4bc48Kata Kunci:
B2B companies, video marketing strategies, TikTok, brand awareness, digital communication generationAbstrak
Dalam konteks persaingan bisnis yang semakin intensif dan kemajuan teknologi yang cepat, organisasi bisnis-ke-bisnis (B2B) dituntut untuk proaktif dalam mempromosikan nilai-nilai perusahaan melalui strategi pemasaran video singkat di platform media sosial inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana perusahaan B2B—khususnya, penerima Penghargaan Mitra TikTok Indonesia dari sektor agensi pemasaran digital kreatif—mengembangkan kesadaran merek melalui strategi pemasaran video di TikTok. Dengan menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara dengan manajer yang memiliki tanggung jawab dalam kreasi konten, pengelolaan strategi optimal, dan aktivasi media sosial pada akun TikTok “@doxadigital”. Melalui lensa kerangka kerja pemasaran video, hasil studi menunjukkan bahwa perusahaan telah menerapkan pemasaran video secara terencana dan tepat pada setiap tahapan, mulai dari perencanaan, produksi, hingga aktivasi, sesuai dengan prinsip strategi pemasaran video. Studi ini juga menemukan bahwa perusahaan B2B yang memanfaatkan pemasaran video mendapatkan hasil terbaik ketika mengimplementasikan tayangan berbayar. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi bagaimana perusahaan B2B mendefinisikan identitas mereka dengan mengoptimalkan berbagai aspek konten dan mengubah cara interaksi dengan pemangku kepentingan di era komunikasi digital saat ini.