Verbal Communication Style of Public Figures on Social Media: Responses of Generation Z in Lamongan as Fans
DOI:
https://doi.org/10.36914/7k9h8h09Kata Kunci:
Generation Z, Social Media , Verbal Communication Style.Abstrak
Media sosial seakan menjadi sarana masyarakat dalam melakukan komunikasi untuk menyampaikan aspirasi, inspirasi dan inovasi bagi para pengguna media sosial. Gaya komunikasi yang digunakanpun beragam dalam bermedia sosial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui respon masyarakat di Lamongan khususnya Generasi Z yang aktif dalam bermedia sosial untuk mengetahui pengaruh dari media sosial di era 5.0 pada gaya komunikasi verbal di media sosial sehari-hari oleh Generasi Z di Kabupaten Lamongan dalam sehari-hari. Permasalahan dalam kasus ini adalah gaya komunkasi verbal bagi idola atau public figur sangat berpengaruh bagi Generasi Z mengalami kecanduan yang membuat tidak mau lepas dari gadget, sehingga mengakibatkan rendahnya sosialisasi dengan orang lain, orang yang kurang fokus, dan orang yang kemampuan sosialnya sangat lemah. Kuesioner Google Form digunakan untuk mengumpulkan data, dan metodenya deskriptif kuantitatif dengan informasi dari buku, jurnal, artikel online, dan publikasi sebelumnya. Temuan penelitian menunjukkan hal itu Generasi Z di Kabupaten Lamongan menunjukan bahwa tidak mengikuti gaya komunikasi verbal yang tidak baik di media sosial. Generasi Z di Kabupaten Lamongan tidak akan menghiraukan adanya tindakan negatif seperti mencaci, memaki, menggunjing dan menyindir yang dilakukan oleh idola maupun publik figur yang disukai dan akan menganggap sebagai bahan lelucon dan hiburan saja. sudah sesuai dengan etika digital dengan baik. Penelitian ini diperkuat dengan teori use and gratifications untuk sebagai acuan untuk mengungkap permasalahan ini.