Ruang Publik Online Sebagai Sarana Penyebaran Konten Edukatif Pemilu 2024
DOI:
https://doi.org/10.36914/7bjy5d94Kata Kunci:
Ruang Publik Online, Youtube, Konten Edukatif, PemiluAbstrak
Penelitian ini bertujuan bagaimana proses tahapan pra produksi, produksi dan pascaproduksi Ruang Publik Online melalui Youtube Channel sebagai sarana penyebaran konten kreatif Pemilu 2024. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif pada studi kasus. Narasumber seperti Hari Dermanto, Sh, Mh, Dr. H. Andi Budis, Sh, M. Ikom dan Fatihah Helga Gantari membahas berbagai aspek terkait pemilu dan partisipasi masyarakat. Temuan riset menunjukkan bahwa Youtube Channel Bincang Online Inspiratif (BIONS) direncanakan dengan strategi kreatif dari pra-produksi hingga pasca-produksi untuk mencapai siaran yang sukses. Pra-produksi melibatkan pemilihan tema, sumber, dan tata letak pengambilan gambar, sementara produksi menggunakan platform seperti Zoom dan streaming langsung YouTube. Pasca produksi melibatkan pengeditan, evaluasi, dan publikasi pemasaran untuk meningkatkan jangkauan siaran. Strategi diseminasi meliputi penggunaan grup Instagram dan WhatsApp, serta kegiatan undian berhadiah untuk menarik audiens baru dan menjaga loyalitas audiens. Sehingga ruang publik online tergambarkan pada Youtube channel BIONS dan berhasil menjadi sarana penyebaran konten edukatif pada tema Pemilu 2024. Ruang Publik Online melalui BIONS diharapkan dapat memberikan kontribusi penting untuk mendidik dan membangun kesadaran publik terkait Pemilu 2024 melalui ruang diskusi publik yang kreatif dan kuat