Strategi Komunikasi Pemasaran Kerupuk Lomang Balado Ummi Melalui Media Sosial Pasca Pandemi Covid-19

Penulis

  • Raudhah Ziyan Suarni Kampus Bina Widya, Universitas Riau Author
  • Noor Efni Salam Kampus Bina Widya, Universitas Riau Author
  • Ringgo Eldapi Yozani Kampus Bina Widya, Universitas Riau Author

DOI:

https://doi.org/10.36914/3pnc9y90

Kata Kunci:

Strategi Komunikasi, Media Sosial, Pemasaran, UMKM

Abstrak

UMKM kuliner Kerupuk Lomang Balado UMMI yang terletak di Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Kerupuk Lomang Balado UMMI termasuk kedalam usaha mikro. Khususnya UMKM Kerupuk Lomang Balado UMMI perlu melakukan strategi komunikasi untuk mempertimbangkan memilih media social yang tepat untuk mempromosikan, memasarkan produk agar pesan dan strategi yang dituju dapat berjalan dengan efektif dan mulus dan bertahan untuk menjadi kompetitif setelah pandemi Covid-19 ini.Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi komunikasi dalam menentukan perencanaan,pelaksanaan, dan evaluasi  di media sosial untuk pemasaran  kerupuk lomang balado UMMI.Metode dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi pemasaran perencanaan menentukan khalayak, menyusun pesan, menetapkan komunikator, dan pemilihan media komunikasi. Pelaksanaan menggunakan media sosial instagram dan whatsapp businessmarketing. Media sosial sebagai alat bantu yang efektif dalam media komunikasi pemasaran bagi para Pelaku UMKM Kerupuk Lomang Balado UMMI dan konsumennya. Evaluasi dilakukan dengan analisis SWOT, mengukur kinerja UMKM dan mengambil tindakan koreksi untuk perkembangan pemasaran produk UMKM kedepannya

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-31

Terbitan

Bagian

Articles