Pengaruh Pesan Kampanye #PakeGojekPalingHemat Terhadap Keputusan Khalayak Menggunakan Aplikasi Gojek Berdasarkan Model AISAS
DOI:
https://doi.org/10.36914/pks04z82Kata Kunci:
Model AISAS, Pesan Kampanye, Keputusan Khalayak PenggunaAbstrak
Persaingan di industri layanan transportasi online telah mengubah perilaku para pengusaha dalam menerapkan komunikasi pemasaran yang inovatif sebagai upaya untuk dapat mempertahankan posisinya di pasar industri yang kompetitif. Salah satu upaya yang dilakukan yakni membuat program kampanye di media sosial dimana hal ini dapat membantu meningkatkan jumlah pengguna serta memperkuat citra merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari pesan kampanye terhadap keputusan khalayak pengguna. Model AISAS dan teori keputusan pembelian dalam penelitian ini digunakan sebagai dasar pengembangan instrumen penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan survei terhadap seratus pengikut akun instagram @gojekindonesia. Responden yang mengisi survei merupakan sampel penelitian yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampling pada akun Instagram @gojekindonesia. Penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, analisis regresi sederhana, uji t, dan analisis koefisien determinasi yang diolah dengan program IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian mengindikasikan adanya pengaruh positif pesan kampanye #PakeGojekPalingHemat yang terdapat pada akun Instagram @gojekindonesia terhadap keputusan khalayak dalam menggunakan aplikasi Gojek. Pengaruh pesan kampanye (variabel X) terhadap keputusan khalayak pengguna adalah sebesar 54%. Penelitian ini menunjukkan bahwa 46% keputusan khalayak dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini sangat signifikan yaitu menunjukkan bahwa kampanye yang dilakukan Gojek telah menyampaikan pesan yang efektif dan relevan kepada audiens targetnya. Kampanye #PakeGojekPalingHemat dapat menarik pelanggan dengan menawarkan nilai hemat atau keuntungan finansial yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.