Komunikasi Word-of-Mouth dalam Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta

Penulis

  • F.A Wisnu Wirawan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Author
  • Elsie Oktivera Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Author

DOI:

https://doi.org/10.36914/bfqm7e92

Kata Kunci:

word-of mouth, brand experience, keputusan pembelian, komunikasi pemasaran

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana word of mouth terjadi dan membentuk perilaku konsumen pada proses pengambilan keputusan pemilihan studi lanjut perguruan tinggi swasta khususnya Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari (STIKS) Tarakanita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam kepada 10 orang informan yang merupakan mahasiswa tingkat satu Angkatan 2021. Hasil penelitian menemukan bahwa word of mouth jenis experiental yang berasal dari orang tua dan keluarga memberikan stimulus dan membentuk perilaku keputusan pembelian dalam hal ini adalah memilih STIKS Tarakanita sebagai tempat melanjutkan studi perguruan tinggi. Selain itu word of mouth yang ditemukan yang paling memberikan efek tertinggi dalam keputusan pembelian adalah word of mouth intentional yang terbentuk dari alumni dan pengguna lulusan (user).

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-21

Terbitan

Bagian

Articles