Stimulus Promosi Penjualan Produk Bubble Tea pada Aplikasi Digital Payment Membentuk Keputusan Pembelian
DOI:
https://doi.org/10.36914/4p5h0t74Kata Kunci:
Promosi penjualan, digital payment, keputusan pembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis promosi penjualan yang dilakukan oleh Chatime melalui aplikasi digital payment Gopay dalam upaya membentuk keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui studi kasus deskriptif, yang menggunakan hasil wawancara dan observasi sebagai data utama. Informan pada penelitian ini berjumlah sepuluh orang yang dipilih berdasarkan kriteria yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil temuan dari penelitian ini adalah informan mengambil keputusan membeli produk Chatime karena adanya stimulus pesan komunikasi promosi penjualan dalam bentuk cashback yang dilakukan jika melakukan pembelian dengan menggunakan digital payment Gopay. Penerapan promosi penjualan dengan yang dilakukan Chatime telah memberikan dorongan konsumen dalam keputusan pembelian produk. Selain didorong oleh stimulus promosi penjualan, keputusan pembelian konsumen juga terbentuk karena kemudahan dan kenyamanan dari aplikasi Gopay saat bertransaksi.