PENGARUH SALES PROMOTION SHOPEE INDONESIA TERHADAP IMPULSIVE BUYING KONSUMEN STUDI KASUS: IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA STIKS TARAKANITA
DOI:
https://doi.org/10.36914/52pexg60Kata Kunci:
Impulsive buying, Sales promotion, e-commerce, ICT.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran e-commerce yaitu Shopee Indonesia, situs ini menggunakan strategi promosi penjualan dengan media online. Berbagai Sales promotion yang menarik membuat para konsumen sering melakukan impulsive buying. Faktor perkembangan pemanfaatan teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) mempermudah konsumen dalam melakukan pembelanjaan online. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui pengaruh sales promotion Shopee Indonesia terhadap impulsive buying pada mahasiswa STIKS TARAKANITA. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu sales promotion sebagai variabel X dan Impulsive buying sebagai variabel Y. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah ilmu komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Bauran Promosi dan Impulsive buying. Penelitian ini dilaksanakan pada Maret-Juli 2018 bertempat di STIKS Tarakanita. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer, yang kuesioner disebarkan langsung kepada mahasiswa STIKS Tarakanita yang memiliki akun shopee yang berjumlah 130 mahasiswa. Uji Validitas, Reabilitas, Normalitas, Linearitas, Regresi Sederhana, Korelasi, dan Determinasi yang dilakukan pada penelitian ini diolah menggunakan IBM SPSS Statistic 22.0. Hasil penelitian ini menjunjukan terdapat pengaruh sales promotion Shopee Indonesia terhadap impulsive buying pada Mahasiswa STIKS Tarakanita sebesar 52% sisanya 48% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.