Analisis Reaksi Customer Loyal Scarlett Whitening pada Misleading Advertising Paris Fashion Show 2022
DOI:
https://doi.org/10.36914/9g2cwp27Kata Kunci:
Scarlett Whitening, Misleading Advertising, Ambush Marketing, Loyalitas Pelanggan, Digital Customer ExperienceAbstrak
Scarlett Whitening menjadi salah satu brand dengan rating tertinggi dalam Market Place Shopee dan Tokopedia dengan pangsa pasar sebesar 18,9%. Pada akhir bulan Februari 2022 Instagram dihebohkan oleh pemberitaan 10 brand Indonesia salah satunya adalah Scarlett Whitening berhasil go international dan turut dalam event Paris Fashion Week 2022. Faktanya, peristiwa ini merupakan sebuah misleading informasi yang diterima oleh masyarakat bahwa sebenarnya 10 brand tersebut mengikuti acara Paris Fashion Show GEKRAFS (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional). Tanggal pelaksanaan event Paris Fashion Week 2022 dengan Paris Fashion Show 2022 dimanfaatkan oleh brand tersebut sebagai strategi marketing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah misleading advertising, ambush marketing, loyalitas pelanggan, dan digital customer experience. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa customer loyal dari Scarlett Whitening tidak memperdulikan adanya pemberitaan negatif akibat dari misleading advertising tentang brand tersebut dalam penerapan strategi marketingnya karena pelanggan Scarlett Whitening mementingkan kualitas produk yang dianggap cocok dengan dirinya dan pengalaman pribadinya bersama produk dari brand tersebut.