The Impacts of Communication in Transformational Leadership and ICT on Customer Satisfaction in the Educational Sector
DOI:
https://doi.org/10.36914/1yqrhy46Kata Kunci:
Customer Satisfaction, Business, Transformational Leadership, Communication, ICT, EducationAbstrak
Penelitian ini menguji pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan IT di dunia pendidikan untuk meningkatkan kepuasan konsumen terutama di masa ketidakpastian. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini berargumen tentang pentingnya kepuasan pelanggan dalam bisnis pendidikan yang dipengaruhi oleh kemampuan komunikasi dari kepemimpinan transformasional dan IT. Data dari 286 responden dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan PLS. Hasil menunjukkan bahwa Kepemimpinan Transformasional yang menitikberatkan pada kemampuan komunikasi memiliki pengaruh lebih kuat daripada IT dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dengan nilai 0,547 dan 0,329. Penelitian ini mengindikasikan pentingnya komunikasi dalam membangun hubungan dengan pelanggan dalam Kepemimpinan Transformasional untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan penerapan Kepemimpinan Transformasional dan IT, maka institusi pendidikan sebagai unit bisnis dapat memberikan layanan yang lebih baik dan sebagai implikasinya, dapat meningkatkan keuntungan usaha.