Efektivitas Komunikasi Akun Tiktok @buiramira Sebagai Media Edukasi Akademik Mahasiswa Universitas Riau
DOI:
https://doi.org/10.36914/dxjbaz22Kata Kunci:
Efektivitas, Komunikasi Edukasi, TikTokAbstrak
Akun tiktok @buiramira berisi tentang konten seputar tips menghadap permasalahan kuliah. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas komunikasi akun tiktok @buiramira sebagai media edukasi akademik mahasiswa Universitas Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebarkan secara online. Populasi dalam peneltian ini adalah mahasiswa Universitas Riau sebanyak 29.470 orang per tanggal 13 Mei 2022. Menggunakan rumus uknown populations diperoleh sampel sebanyak 135 orang. Selanjutnya, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengukuran skala efektivitas komunikasi akun tiktok @buiramira sebagai media edukasi diperoleh rata-rata sebesar 3,53. Nilai dan hasil yang sangat efektif. Ini diperoleh dari hasil kalkulasi variabel efektivitas komunikasi menurut Cutlip yang terdiri dari tujuh indikator pengkuran yaitu indikator Credibility dengan nilai 3,57, Context dengan nilai 3,59, Content dengan nilai 3,54 , Clarity dengan nilai 3,50 , Continuity and Consistency dengan nilai 3,44, Channel dengan nilai 3,62, Capability of The Audience dengan nilai 3,51. Dapat diinterpretasikan ke dalam beberapa hal. Pertama responden mengakui bahwa dengan menggunakan tiktok dan mengikuti akun tiktok @buiramira bisa membantu responden dalam mencari informasi akademik seputar perkuliahan. Kedua, responden mengakui bahwa akun tiktok @buiramira menyampaikan pesan edukasi sesuai dengan permasalahan yang saat ini di hadapi oleh mahasiswa. Ketiga, responden mengakui isi pesan dalam konten tiktok @buiramira menambah wawasan akademik mahasiswa. Keempat, responden mengakui konten tiktok @buiramira dikemas dalam bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Kelima, responden mengakui bahwa konten tiktok @buiramira konsisten dan tidak berubah-ubah pada saat di upload. Keenam, responden mengakui bahwa saluran atau media yang digunakan sesuai dengan audiensi yang dituju. Ketujuh, responden mengakui bahwa mudah menyerap informasi yang disampaikan pada akun tiktok @buiramira.