Strategi Pengelolaan Media Digital Newcomer suara.com di Tengah Arus Konvergensi
DOI:
https://doi.org/10.36914/xnrc3898Kata Kunci:
Konvergensi, Media Baru, Media Online, Menejemen MediaAbstrak
Perkembangan media massa dalam menghadapi era digital merupakan dampak dari internet yang memberikan perubahan praktik dan teoritik. Internet memunculkan media baru yang ditandai dengan digitalisasi berbagai konten. Model media yang tepat digunakan adalah media baru sebagai solusi dalam kompetisi bisnis media. Salah satu media digital Suara.com yang merupakan media yang mampu eksis ditengah arus konvergensi tanpa melalui proses transformasi. Teori yang digunakan dalam penelitian teori menejemen media online Eli M Noam menjabarkan pembuatan konten, platform distribusi dan perangkat teknologi. Sedangkan dari segi konvergensi menggunakan teori Grant mendefinisikan lima tahap aktivitas dalam konvergensi berdasarkan tingkat partisipasinya yang lebih dikenal dengan sebutan convergence continuum.Tujuan dari penelitian ini menganalisa strategi pengelolaan media digital newcomer Suara.com ditengah arus konvergensi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktif, deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Kemudian untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik.Strategi yang digunakan merupakan strategi praktis yang diterapkan secara Adapting yaitu 5K 1T, (konten, kreatif, kolaborasi, kurasi, komuniti, teknologi). Dalam pendistribusian konten Suara.com menyebarkan ke kanal yang ada di media sosial. Memanfaatkan IT sebagai pendistribusian konten. Ekspansi ke berbagai wilayah Indonesia. Ada platform non media berupa e commerce dan platform advetorial.