The Role of Instagram In Building University Reputation and Strengthening Student Communication
DOI:
https://doi.org/10.36914/mhcce667Kata Kunci:
Communication channels, Social Media, Instagram, University ReputationAbstrak
Reputasi perguruan tinggi dapat diperoleh melalui komunikasi yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan. Salah satu saluran komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dan komunikasi adalah media sosial Instagram. Instagram menjadi salah satu pilihan bagi perguruan tinggi dalam mendukung komunikasi yang baik untuk membangun dan memperkuat reputasi institusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi mahasiswa terhadap saluran komunikasi Instagram dalam menyampaikan informasi dan memperkuat reputasi institusi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif, yang menggabungkan survey melalui kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram merupakan saluran komunikasi yang efektif untuk menyampaikan informasi, meningkatkan keterlibatan mahasiswa, dan menyediakan ruang untuk mengevaluasi kinerja kampus melalui umpan balik. Konten dengan kinerja terbaik berdasarkan umpan balik audiensa dalah pilar promosi, diikuti oleh pilar keterlibatan, dan pilar pendidikan. Perguruan tinggi perlu mempertahankan kualitas konten dan desain, meningkatkan variasi visual, serta memastikan informasi lebih relevan dan sesuai kebutuhan audiens. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk mengevaluasi pengelolaan Instagram di sebuah universitas, dan menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya.