The Role of Instagram In Building University Reputation and Strengthening Student Communication

Penulis

  • Paula Tjatoerwidya Anggarina Faculty of Economics and Business, Universitas Tarumanagara Author
  • Agustinus Purna Irawan Doctor of Management Science Department, Universitas Tarumanagara Author
  • Lucia Yeni Wijayatri Tarakanita School of Communication Science and Secretarial Studies, Jakarta Author
  • Linda Lin- Chin Lin Department of Business Administration Kun Shan University, Taiwan Author
  • Eunice Mareth Querol Areola UST Angelicum College, Manila Author
  • Kevin Jonathan JM Faculty of Information Technology, Universitas Tarumanagara Author

DOI:

https://doi.org/10.36914/mhcce667

Kata Kunci:

Communication channels, Social Media, Instagram, University Reputation

Abstrak

Reputasi perguruan tinggi dapat diperoleh melalui komunikasi yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan.  Salah satu saluran komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dan komunikasi adalah media sosial Instagram. Instagram menjadi salah satu pilihan bagi perguruan tinggi dalam mendukung komunikasi yang baik untuk membangun dan memperkuat reputasi institusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi mahasiswa terhadap saluran komunikasi Instagram dalam menyampaikan informasi dan memperkuat reputasi institusi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif, yang menggabungkan survey melalui kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram merupakan saluran komunikasi yang efektif untuk menyampaikan informasi, meningkatkan keterlibatan mahasiswa, dan menyediakan ruang untuk mengevaluasi kinerja kampus melalui umpan balik.  Konten dengan kinerja terbaik berdasarkan umpan balik audiensa dalah pilar promosi, diikuti oleh pilar keterlibatan, dan pilar pendidikan. Perguruan tinggi perlu mempertahankan kualitas konten dan desain, meningkatkan variasi visual, serta memastikan informasi lebih relevan dan sesuai kebutuhan audiens. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk mengevaluasi pengelolaan Instagram di sebuah universitas, dan menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya.

 

Diterbitkan

2024-04-15

Terbitan

Bagian

Articles