EFIKASI DIRI DOSEN DALAM MENULIS NASKAH JURNAL
DOI:
https://doi.org/10.36914/6jstpx84Kata Kunci:
Naskah Jurnal, Efikasi Diri, MotivasiAbstrak
Menulis naskah jurnal bagi sebagian dosen merupakan hal yang tidak mudah. Naskah jurnal merupakan luaran dari penelitian yang seharusnya dihasilkan oleh para dosen untuk memenuhi kewajiban tridharma perguruan tinggi. Banyak hambatan atau kesulitan untuk menulis naskah jurnal, antara lain kurangnya kepercayaan diri atau penguasaan metodologi penulisan karya ilmiah. Terwujudnya karya ilmiah tidak terlepas dari efikasi diri yang dimiliki oleh para dosen selain motivasi internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan mengetahui hambatan atau kesulitan dalam menulis jurnal dan hubungannya dengan peran efikasi diri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efikasi diri dan motivasi. Data penelitian ini diperoleh dari studi pustaka dan wawancara informal beberapa dosen, sedangkan, metode yang dipergunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini akan bermanfaat sebagai input bagi pihak manajemen perguruan tinggi dalam menentukan tindakan lanjut peningkatan efikasi para dosen untuk menulis jurnal.