Analisis Komunikasi Bermedia Internet dalam Meningkatkan Manajemen Layanan Prima Perpustakaan di Universitas Negeri Padang

Penulis

  • Ridha Prima Adri Faculty of Social Science and Political Science Indonesia Universitas Andalas Author
  • Nursyirwan - Faculty of Social Science and Political Science Indonesia Universitas Andalas Author
  • Ernita Arif Faculty of Social Science and Political Science Indonesia Universitas Andalas Author

DOI:

https://doi.org/10.36914/ydcd0817

Kata Kunci:

media, komunikasi, pelayanan prima

Abstrak

Prakteknya layanan perpustakaan dengan komunikasi bermedia yang telah diluncurkan semenjak duatahun belakangan ini masih belum dimanfaatkan secara optimal oleh pemustaka atau civitas akademika UNP, tujuan penelitian Menjelaskan dan menganalisis konsep komunikasi bermedia internet dalam penggunaan layanan Sidaring diĀ  Perpustakaan UNP, Memahami dan mendeskripsikan kendala komunikasi bermedia internet yang ditemui pengguna layanan Sidaring di Perpustakaan UNP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan Data Wawancara, observasi dan dokumentasi hasil penelitian mengambarkan bahwa Layanan Sidaring Perpustakaan UNP adalah inovasi kepustakaan yang menjawab tantangan pandemi Covid-19. Layanan Sidaring ini adalah saluran komunikasi yang memudahkan interaksi antara pemustaka dan pustakawan untuk melakukan peminjaman, pengembalian, dan konsultasi kepustakaan. Hambatan penggunaan layanan Sidaring terjadi karena adanya kendala semantik yang disebabkan oleh adanya perbedaan dalam memahami istilah antara pemustaka dan pustakawan

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-29

Terbitan

Bagian

Articles