Analisis Komunikasi Bermedia Internet dalam Meningkatkan Manajemen Layanan Prima Perpustakaan di Universitas Negeri Padang
DOI:
https://doi.org/10.36914/ydcd0817Kata Kunci:
media, komunikasi, pelayanan primaAbstrak
Prakteknya layanan perpustakaan dengan komunikasi bermedia yang telah diluncurkan semenjak duatahun belakangan ini masih belum dimanfaatkan secara optimal oleh pemustaka atau civitas akademika UNP, tujuan penelitian Menjelaskan dan menganalisis konsep komunikasi bermedia internet dalam penggunaan layanan Sidaring diĀ Perpustakaan UNP, Memahami dan mendeskripsikan kendala komunikasi bermedia internet yang ditemui pengguna layanan Sidaring di Perpustakaan UNP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan Data Wawancara, observasi dan dokumentasi hasil penelitian mengambarkan bahwa Layanan Sidaring Perpustakaan UNP adalah inovasi kepustakaan yang menjawab tantangan pandemi Covid-19. Layanan Sidaring ini adalah saluran komunikasi yang memudahkan interaksi antara pemustaka dan pustakawan untuk melakukan peminjaman, pengembalian, dan konsultasi kepustakaan. Hambatan penggunaan layanan Sidaring terjadi karena adanya kendala semantik yang disebabkan oleh adanya perbedaan dalam memahami istilah antara pemustaka dan pustakawan