Pendampingan dan Pelatihan Literasi Pembelajaran Online Sekolah dan Rumah di Wilayah Muara Bakti Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.36914/dbs4x806Keywords:
guru, media, pembelajaran, sekolahAbstract
Beberapa permasalahan yang muncul pada mitra berkaitan dengan literasi pembelajaran online antara lain (1) pelaksanaan pembelajaran online siswa SD tidak hanya melibatkan guru, melainkan orangtua, namun pemahaman tentang pembelajaran online masih kurang terutama guru. (2) Keterampilan menggunakan teknologi pendukung pembelajaran yang kurang sehingga tidak heran pembelajaran masih dilakukan melalui sarana komunikasi Grup WhatsApp, sementara WhatsApp sedianya merupakan media komunikasi yang menunjang proses pembelajaran bukan media pembelajaran. (3) Belum tersedianya fasilitas (infrastuktur) pembelajaran online yang memadai. Kegiatan pendampingan dan pelatihan literasi pembelajaran online di SDN Muara Bakti 02 diharapkan mampu menyelesaikan persoalan pembelajaran antara sekolah dan rumah guna mencapai tujuan pembelajaran yang ideal. Metode pelaksanaan kegiatan mencakup tatap muka yang diawali dengan pertemuan identifikasi masalah dan kebutuhan sekokah terkait pembelajaran online, kemudian dilanjutkan pelatihan literasi pembelajaran online. Hasil yang didapatkan bahwa pmbelajaran online membutuhkan kerjasama yang baik antara pihak sekolah, rumah (orang tua dan siswa) agar berjalan efektif. Langkah awal yang perlu dilakukan adalah meningkatkan literasi guru tentang pembelajaran online dimulai dari metode pembelajaran online, pemilihan media pembelajaran online hingga menciptakan suasana pembelajaran online yang efektif bagi siswa.