Penguatan Keterampilan Komunikasi Digital Melalui Program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa di SMA Budhaya II Santo Agustinus
DOI:
https://doi.org/10.36914/11kwfj29Abstract
Abstract
The digital era presents challenges and opportunities in developing communication skills, particularly among the younger generation. This study aims to enhance students' digital communication skills by integrating elements of effective communication into the Leadership Training Program (LDKS) at SMA Budhaya II Santo Agustinus. The implementation methods included interactive lectures, digital communication simulations, and participatory discussions to teach the basics of effective communication, such as message clarity, media selection, and empathy in online communication. Survey results revealed that 90.3% of participants were satisfied with the program, 85.5% were satisfied with the enthusiasm during activities, and 95.2% stated the program strengthened interpersonal relationships. The evaluation also indicated improved understanding of digital communication skills. Limitations such as physical facilities and training duration were noted for future improvement. This program demonstrates that effective communication theories can be practically applied in digital-based leadership training, positively impacting students’ interpersonal skills.
Abstrak
Era digital memberikan tantangan dan peluang dalam pengembangan keterampilan komunikasi, terutama bagi generasi muda. Penelitian Pengabdian Masyarakat ini bertujuan meningkatkan keterampilan komunikasi digital siswa melalui integrasi elemen komunikasi efektif dalam program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di SMA Budhaya II Santo Agustinus. Metode pelaksanaan meliputi ceramah interaktif, simulasi komunikasi digital, dan diskusi partisipatif untuk mengajarkan dasar komunikasi efektif, seperti kejelasan pesan, pemilihan media, dan empati dalam komunikasi daring Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di SMA Budhaya II Santo Agustinus memberikan gambaran nyata tentang pentingnya komunikasi efektif di era digital. Tujuan utama dari penelitian pengabdian masyarakat dan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan komunikasi digital siswa melalui pendekatan yang terintegrasi dalam program pelatihan kepemimpinan. Berdasarkan hasil kegiatan, dapat disimpulkan bahwa peserta mengalami peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan kemampuan mereka terkait komunikasi digital, sebagaimana dibuktikan oleh tingkat kepuasan yang tinggi terhadap acara ini. Evaluasi juga menunjukkan peningkatan pemahaman terhadap komunikasi digital. Kendala seperti keterbatasan fasilitas fisik dan waktu pelatihan menjadi perhatian untuk perbaikan. Program ini membuktikan bahwa teori komunikasi efektif dapat diterapkan secara praktis dalam pelatihan kepemimpinan berbasis digital, memberikan dampak positif pada keterampilan interpersonal siswa.